Photobucket - Video and Image Hosting

06 September 2006

Gempa Bumi

Luwuk di guncang gempa lagi

[Luwuk, 23/07/06] Gempa berkekuatan 6.6 pada skala richter kembali mengguncang kota Luwuk dan sekitarnya pada sekitar pukul 16.00 Wita. Gempa yang episentrumnya berpusat di teluk Tomini alhamdulillah tidak menelan korban jiwa.

Saat terjadinya gempa beberapa aktivis PKS tengah melakukan rapat pembahasan dakwah sekolah di sekretariat DPD. "Rapat terpaksa kami persingkat karena kami mengkhawatirkan gempa susulan". Ungkap Masri Malla,S.Sos yang kebetulan memimpin rapat tersebut.

Meski gempa ini termasuk berkekuatan tinggi namun tidak menimbulkan kepanikan warga masyarakat. Apalagi kemungkinan tsunami seperti yang dilansir oleh METRO TV kemungkinan kecil terjadi, sebab kota Luwuk tidak berhadapan langsung dengan laut teluk tomini. Walau demikian warga Luwuk hingga saat ini terus berjaga-jaga akan kemungkinan terjadinya gempa susulan seperti yang disampaikan oleh Abdul Razak."Kami sekelurga mungkin selama seminggu akan melakukan ronda bergantian di rumah, supaya kalau terjadi gempa ada yang membangunkan anggota keluarga lain", tutur pria separuh baya yang tinggal di dekat kantor sekretariat DPD PKS Banggai.

Masyarakat Kabupaten Banggai memang punya pengalaman dengan bencana gempa bumi, Sebelumnya pada 5 mei 2000, pernah terjadi gempa berkekuatan 5.9 SR yang merobohkan banyak rumah, perkantoran, rumah ibadah dan fasilitas umum serta menelan korban jiwa.
Terakhir pada 29 Juni 2006 juga terjadi gempa berkekuatan 5.9 SR dengan pusat gempa 0.34 LS dan 123.49 BT atau lebih kurang 102 km arah timur kota Luwuk, namun tidak menelan korban jiwa maupun harta benda. Hingga tulisan ini diturunkan gempa susulan dalam skala kecil masih terus terjadi []

0 Comments:

Post a Comment

<< Home